Sunday, June 9, 2013

Gule Kepala Ikan Mas Agus

Menu wisata kuliner kali ini adalah Gule Kepala Ikan. Salah satu makanan favorit saya adalah ikan; entah ikan air tawar ataupun air laut. Jika anda sedang berkunjung ke kota Jogja, alangkah baiknya anda mencicipi hidangan kuliner Gule Kepala Ikan Mas Agus yang berada di beberapa lokasi, antara lain di Jalan KH. Ahmad Dahlan no 77, di sebelah barat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Kemudian lokasi kedua yaitu berada di Jalan AM. Sangaji no 45, sebelahnya Paparons Pizza dekat Tugu Jogja. Lalu lokasi ketiga berada di Jalan Solo dekat Pasar Sambilegi, Maguwoharjo. Selanjutnya lokasi keempat berada di daerah Timoho, tapi saya belum pernah kesana, jadinya saya tidak tau persis lokasi tersebut (maaf yah :( ).



Ada beberapa menu yang ditawarkan, antara lain gule kepala ikan, tomyam kepala ikan, dagu penyet, fillet tepung asam manis, cumi goreng, wader goreng, udang goreng, ikan bakar, ca kangkung. Menu favorit saya adalah gule kepala ikan karena porsinya lumayan besar dan rasanya sangat sangat nikmat. Saya memesan satu porsi gule kepala ikan, nasi putih dan es teh manis. Sedangkan teman saya memesan tomyam kepala ikan, nasi putih dan es teh manis. Bagi anda penikmat masakan pedas sangat dianjurkan memesan tomyam kepala ikan karena (kata teman saya) rasanya pedas. 
Tak berapa lama kemudian pesanan kami datang. Voila! This is it...

gule kepala ikan 

tomyam kepala ikan yang rasanya pedas



Sebelum makan alangkah baiknya berfoto dulu bersama gule kepala ikan saya, hehehe. Sejurus kemudian saya sudah asik menikmati seporsi ikan kakap di hadapan saya ini.

saya dan gule kepala ikan


Tips untuk makan gule kepala ikan adalah Jangan memakai sendok, gunakanlah tangan anda untuk mengais-ngais setiap jengkal daging ikan yang menyusup di balik duri-durinya yang lumayan tajam.
Tak terasa ikan kakap saya yang utuh tadi sekarang sudah menjadi tumpukan duri. Wah ketauan nih kalau saya makannya kalap sekali. Hahahaha.

tulang-tulang ikan berserakan


Oya, untuk harga satu porsi gule kepala ikan Rp 11.000,00
tomyam kepala ikan adalah sebesar Rp 13.000,00
nasi putih Rp 2.000,00
es teh manis Rp 1.500,00
Total makan berdua adalah sebesar Rp 31.000,00.

Harga tersebut sangatlah worth it dengan cita rasa yang akan anda nikmati. Recommended banget lah untuk pecinta ikan.

Salam Wiskul... WISata KULiner!

8 comments:

HP Yitno said...

wah sudah nggak tinggal di jogja lagi sob. Dulu pernah kerja di jogja juga. Kuliner yang enak menurutku ya lotek.

Adhisti Vega Kerleonis said...

kalo lotek emang makanan sepanjang masa di Jogja.. hehehe.. gule kepala ikan ini masih lumayan baru nih di JOgja.. boleh dicoba kalo mampir Jogja lagi..

Andy Sudarmanto said...

kelihatan sih enak ikan'a. Tapi masalahnya, daging ikan'a dikit amat ya, alias kurang memuaskan cacing diperut mba, hehehe

dunia kecil indi said...

wuih, kelihatannya enak dan harganya bersahabat. patut dicoba, nih :)

Adhisti Vega Kerleonis said...

@andy sudarmanto: awalnya saya juga ngira "wah dagingnya dikit banget nih, kenyang nggak yaa" tapi setelah dicicipi dan saya makan semuanya, toh lumayan kenyang kok.. kalo nggak kenyang bisa tambah nasi lagi hehe

Adhisti Vega Kerleonis said...

@dunia kecil indi: you should try.. harusss dicoba kalo mampir jogja hehehe

herti musthofa said...

Harganya terjangkau juga ya mbak ?

Pengobatan Tumor Rahang Secara Alami

Elsawati Dewi said...

enak banget gule ikannya menggoda